23 Apr 2013

Framework

A. Pengertian Framework
Framework merupakan sekumpulan  perintah/fungsi dasar yang dapat membantu dalam menyelesaikan proses-proses yang lebih kompleks, menangani berbagai masalah dalam pemrograman seperti koneksi database, pemanggilan variable, dll. Sehingga developer lebih fokus dan lebih cepat membangun aplikasi. Secara sederhana dapat dijelaskan  bahwa framework adalah kumpulan fungsi-fungsi yang sudah ada sehingga programmer tidak perlu lagi membuat fungsi-fungsi (kumpulan library) dari awal, yang tentunya tinggal memanggil kumpulan library tersebut didalam framework. Fungsi-fungsi standar yang telah tersedia dalam suatu framework adalah fungsi enkripsi, session, security, manipulasi gambar, grafik, validasi, upload, template dan  lain-lain.
B. Macam-macam framework PHP :
  • Cake PHP
  • Code Igniter
  • Symfony
  • Zend
  • Yii
  • Kohana
Perlu diketahui framework menggunakan konsep yang sama dalam membangun aplikasi, yaitu konsep MVC (Model View Controller).
C. Beberapa hal yang bisa dipertimbangkan dalam memilih framework :
1. Jangan melihat fitur yang ditawarkan dari PHP framework, tapi lihat apakah fitur tersebut kita perlukan. Selalu lihat dari sisi pandang requirement project yang kita kerjakan (sebaiknya memilih framework dengan fasilitas yang pas sesuai dengan kebutuhan).
2. Perhatikan standar-standar framework yang ada. Misalnya framework tersebut mendukung versi sekian. Semakin banyak hal yang di support oleh framework tersebut semakin baik. Karena akan mempengaruhi kualitas dari software yang dikembangkan.
3. Jika waktu yang dimiliki relatif sempit sebaiknya pilihlah framework yang mudah untuk dipelajari, dipasang dan dijalankan.
Sumber: Proyek membuat web profesional dengan framework Cakephp. Agus Saputra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar