6 Nov 2013

Tugas softskill semester 7

     Telematika

Telematika berasal dari bahasa Perancis “TELEMATIQUE” yang berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Telematika menurut Moedjiono (Deputi Telematika Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) )
“Telematika” adalah istilah bahasa Indonesia yang kita (stakeholders) create sendiri,
yaitu merupakan konvergensi dari:
Tele=”Telekomunikasi”
ma=”Multimedia”
tika=”Informatika”, atau konvergensi dari “3C”, “content”, “Computing”, and “Communication”.

Telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh, yang menyampaikan informasi satu arah, maupun timbal balik, dengan sistem digital. pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika.

  Pemanfaatan Telematika


  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  •  Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics). Ragam Bentuk Telematika Ragam bentuk yang akan disajikan merupakan aplikasi yang sudah berkembang diberbagai sector
  • E-government E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI).
  • E-Commerce Prinsip e-commerce tetap pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, mentransfer uang, mengirim dokumen, sampai membuat claim.
  • E-Learning adanya teknologi telematika, yang dapat menghubungkan guru dengan muridnya, dan mahasiswa dengan dosennya. Melihat hasil perolehan belajar berupa nilai secara online, mengecek jadwal kuliah, dan mengirim naskah tugas, dapat dilakukan.

Manfaat Telematika pada bidang Multimedia

Manfaat Telematika memiliki Media untuk berkomunikasi menyajikan informasi kepada komputer. Multimedia diambil dari kata multi dan media, multi berarti banyak dan media berarti perantara. Jadi Multimedia adalah gabungan dari beberapa media seperti teks , gambar, video, suara, animasi , dan masih banyak yang lainnya.
Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video atau 3 elemen, yaitu suara , gambar dan teks.
4 komponen dalam Multimedia yaitu :

  1. Harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar
  2. Harus ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi
  3. Harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung
  4. Mengumpulkan , memproses , dan mengkomunikasikan informasi dengan ide . 


Dampak Positif Telematika


Banyak Manfaat Telematika dan Dampak Positif Telematika dalam perkembangan jaman sekarang ini. Orang yang buta teknologi , khususnya Telematika, maka ketinggalan jaman dan tidak tahu apa - apa .
Dengan perkembangan jaman yang semakin maju ini , menghasilkan berbagai macam Manfaat Telematika dan Dampak Positif .
Berikut adalah beberapa macam Dampak Positif Telematika :
  1. Memudahkan dalam mendapatkan informasi, Saat ini mendapatkan informasi apa saja bisa didapatkan dari internet.
  2. Kemudahan dalam memperoleh data. Dengan adanya Perkembangan dalam Telematika , kita dapat memperoleh data dan informasi dari berbagai macam sumber.
  3. Menghemat Waktu dan Biaya. Orang lain dapat berkomunikasi secara jarak jauh, sehingga menghemat waktu dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk bertatap muka.
Gunakanlah Telematika sebaik baiknya dan dengan sewajarnya . Karena banyak Manfaat Telematika yang terkandung didalam sana , membuat anda mengetahui segala macam informasi dan tidak buta teknologi. 

Dampak Negatif Telematika

Tidak hanya ada Manfaat Telematika saja, tetapi banyak Dampak Negatif dan Dampak Positif .

Berikut adalah beberapa Dampak Negatif Telematika :

  1. Memicu terjadinya Cyber Crime. Banyak trik jahat yang dilakukan oleh hacker dalam internet, maka dari itu harus berhati hati dalam menggunakan internet.
  2. Bermain game online yang membuat anak anak menjadi males dan lupa waktu
  3. Membuat manusia tidak peka terhadap lingkungan, dan tidak peduli kepada lingkungan sekitar .

Maka dari itu jauhkan diri kita dari Dampak Negatif Telematika yang membuat kita terjerumus. Manfaatkanlah Manfaat Telematika yang ada di dunia ini.


 
Gambaran Telematika
 



Pemanfaatan Telematika dalam Bidang Kelautan dan Perikanan
SIG adalah sistem yang berbasiskan komputer yang digunakan untuk menyimpan  dan memanipulasi informasi-informasi geografi. SIG dirancang untuk mengumpulkan,  menyimpan dan menganalisa objek-objek dan fenomena dimana lokasi geografi  merupakan karakteristik yang penting atau kritis untuk dianalisis. Dengan demikian, SIG  merupakan sistem komputer yang memiliki empat kemampuan berikut dalam menangani  data yang bereferensi geografi:
 (a) masukan, 
(b) manajemen data (penyimpanan dan  pemanggilan data), 
(c) analisis dan manipulasi data,
 (d) keluaran

Secara prinsip tujuan umum pemrosesan data pada teknologi SIG yaitu mempresentasikan :
  • Input
  • Manipulasi
  • Pengelolaan
  • Query
  • Analysis
  • Visualisasi
  Konsep SIG
Sumber data untuk keperluan SIG dapat berasal dari data citra, data lapangan, survey kelautan, peta, sosial ekonomi, dan GPS. Selanjutnya diolah di laboratorium atau studio SIG dengan software tertentu sesuai dengan kebutuhannya untuk menghasilkan produk berupa informasi yang berguna, bisa berupa peta konvensional, maupun peta digital sesuai keperluan user, maka harus ada input kebutuhan yang diinginkan user, dapat dilihat pada gambar berikut:

Komponen SIG
Komponen utama Sistem Informasi Geografis dapat dibagi kedalam lima komponen utama yaitu :

  1. Perangkat keras (Hardware).
  2. Perangkat Lunak (Software).
  3. Pemakai (User).
  4. Data.
Metode Untuk mendukung suatu Sistem Informasi Geografis, pada prinsipnya terdapat dua jenis data yaitu:

  1. Data spasial,yaitu data yang berkaitan dengan aspek keruangan dan merupakan data yang menyajikan lokasi geografis atau gambaran nyata suatu wilayah di permukaan bumi. Umumnya direpresentasikan berupa grafik, peta, atau pun gambar dengan format digital dan disimpan dalam bentuk koordinat x,y (vektor) atau dalam bentuk image (raster) yang memiliki nilai tertentu.
  2. Data non-spasial, disebut juga data atribut, yaitu data yang menerangkan keadaan atau informasi-informasi dari suatu objek (lokasi dan posisi) yang ditunjukkan oleh data spasial. Salah satu komponen utama dari Sistem Informasi Geografis adalah perangkat lunak (software). Dalam pendesainan peta digunakan salah satu software SIG yaitu MapInfo Profesional 8.0. MapInfo merupakan sebuah perengkat lunak Sistem Informasi Geografis dan pemetaan yang dikembangkan oleh MapInfo Co. Perangkat lunak ini berfungsi sebagai alat yang dapat membantu dalam memvisualisasikan, mengeksplorasi, menjawab query, dan menganalisis data secara geografis.
Tujuan dilakukannya pembuatan aplikasi SIG dalam bidang kelautan dan perikanan :

  1. Mengetahui ikan di laut berada dan kapan bisa ditangkap jumlah yang berlimpah merupakan pertanyaan yang sangat biasa didengar.
  2. Meminimalisir usaha penangkapan dengan mencari daerah habitat ikan, disisi biaya BBM yang besar, waktu dan tenaga nelayan mengetahui area dimana ikan bisa tertangkap dalam jumlah yang besar
Manfaat :
Salah satu alternatif yang menawarkan solusi terbaik adalah mengkombinasikan kemampuan SIG dan penginderaan jauh (inderaja) kelautan. Dengan teknologi inderaja faktor-faktor lingkungan laut yang mempengaruhi distribusi, migrasi dan kelimpahan ikan dapat diperoleh secara berkala, cepat dan dengan cakupan area yang luas.

Faktor-faktor yang mempengaruhi di lingkungan :

  1. suhu permukaan laut (SST),
  2. tingkat konsentrasi klorofil-a,
  3. perbedaan tinggi permukaan laut,
  4. arah dan kecepatan arus dan tingkat produktifitas primer.


Sumber: http://superhugeblog.blogspot.com/2012/10/pemanfaatan-telematika.html
indriyanirameni.blogspot.com. Youtube.com. http://terserahgue09.blogspot.com/2013/11/pemanfaatan-arsitektur-telematika.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar