12 Des 2010

Robot dan Cyborg

Nama: Akbar .Pratamaji
Npm: 10110471
Kelas: 1KA21
Link:
                        ROBOT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Apakah anda salah satu penggemar film robot? Seperti Cartoon Gundam,Full metal panic? Atau anda sejak kecil sudah dikenalkan dengan dunia robot, sehingga anda menaruh decak kagum terhadap kehebatan dan kekuatan robot? Kita memang tidak memungkiri bahwa sejak kecil kita telah mengenal yang namanya robot. Bahkan mungkin sempat berpikir bahwa suatu hari nanti saya akan menjadi robot yang dapat menguasai dunia ini. Memang teknologi robot telah merasuki kehidupan anak-anak, pengetahuan anak-anak mengenai kahidupan nyata dan artifisial masih kurang dan selalu mengganggap benda bergerak sebagai mahluk hidup dan kemudian bisa berinteraksi dengannya. Seorang Psikolog bernama Jean Piaget, pernah mengemukakan bahwa seorang anak mengembangkan teori-teori mereka mengenai dunia dari interaksi dengan lingkungan sekitarnya.
Yang perlu digaris-bawahi dalam hal ini adalah, robot tidaklah sehebat yang manusia pikirkan. Hal ini dikarenakan robot adalah hasil cipta karya dari manusia. Berawal dari penelitian teknologi dan kemudian diteliti secara mendalam sehingga pada akhirnya menghasilkan sebuah robot yang tujuannya ialah membantu dan mendampingi kehidupan manusia yang belakangan ini semakin ribet dan ‘terkotak-kotak’.
Pada tahun 1950-an hingga 1960-an, Seorang pakar matematika asal Inggris Alan Turing, mengembangkan sebuah tes untuk menguji garis pembatas antara mesin dan manusia. Tes tersebut berawal pada sebuah dialog melalui komputer antara seorang penanya (manusia) dengan pihak lain yang identitasnya dirahasiakan – apakah manusia atau mesin. Tes ini digunakan untuk mengetahui kepintaran suatu mesin apakah sebuah mesin mampu mengelabui pikiran manusia dengan kehebatannya dalam komunikasi virtual. Apabila penanya percaya bahwa ia sedang berbicara dengan manusia, maka mesin tersebut dapat dikatakan ‘intelijen’. Kepandaian yang telah diprogramkan kepada mesin tersebut adalah kecerdasan palsu atau yang disebut Artificial Intelligent (AI).
Turing Test ini pun sempat menuai kritik dari seorang filisuf John Searle pada tahun 1980-an. Searle berpendapat bahwa sepintar/secerdas apapun sebuah mesin komputer, tidak akan mencapai pemahaman yang  sesungguhnya, karena otak dari segalanya adalah berasal dari seorang programmer. Masuk akal jika Searle berpendapat seperti itu, karena memang setiap mesin yang beroperasi pasti juga akan membutuhkan kekuatan manusia sebagai pemegang kendali dari mesin tersebut.
Contoh program yang berhubungan dengan AI ialah ‘Julia’. Program ini memberikan ruang bagi kita untuk berinteraksi dengannya (Julia) seolah-olah kita akan merasa sedang berinteraksi dengan sesama manusia. Dia dapat dijadikan sebagai teman yang memiliki spesialisasi hanya berbicara, memberikan respon dan menjawab setiap pertanyaan yang kita ajukan. Contoh program lainnya yang juga berhubungan dengan AI adalah program bernama ‘Eliza’ dan ‘Depression 2.0’. ‘Eliza’ adalah program yang dirancang oleh Joseph Weizenbaum yang sedikit lebih pintar dari program ‘Julia’. ‘Eliza’ bisa menjadi teman curahan hati (curhat) bagi manusia. Hal ini secara tidak langsung membuat kita merasa seperti memperlakukan sebuah sistem program atau mesin layaknya seperti makhluk hidup. Pola ini menimbulkan kecenderungan manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara terus-menerus. ‘Eliza’ dirancang seperti seorang psikolog yang bisa mendengarkan dan memberikan solusi serta penghiburan kepada pasiennya.  Tak jauh berbeda, program ‘Depression 2.0’ juga dirancang untuk menangani orang-orang yang memiliki gangguan jiwa melalui interaksinya.
Kedua program sebelumnya ini memiliki fungsi sebagai psikoterapis yang bisa memberikan masukan/solusi seputar masalah yang dihadapi manusia. Dalam program ini, manusia seakan dibuat tidak takut dalam menceritakan masalah karena mereka menganggap hanya program inilah yang tahu tentang masalah mereka. Hal ini terlihat bahwa peran manusia semakin tergantikan dalam kehidupannya sendiri dan kemudian digantikan oleh kehadiran robot atau teknologi. Sebenarnya ketika munculnya program-program ini menimbulkan masalah baru tentang kekhawatiran akan robot/teknologi dapat menjajah kehidupan umat manusia.
Seiring waktu, AI pun berkembang menjadi sebuah Artificial Life (A-life), program dari Richard Dawkins yang merupakan seorang ahli biologi, dimana program komputer yang diciptakan oleh manusia seolah-olah hidup dan memiliki kehidupan dan manusia dilibatkan di dalamnya. Dalam hal ini, manusia bahkan dapat mengatur seperti apa kehidupan yang ia inginkan melalui program-program yang disediakan. Manusia dan mesin berinteraksi di dalam suatu sistem dan kemudian membentuk suatu kehidupan nyata. Sistem itu memiliki kemampuan lebih seperti merasa, membangun strategi, dan menjaga hubungan layaknya manusia.
Program-program A-life yang bisa kita lihat dalam kehidupan manusia sekarang adalah games online. Dalam program ini, manusia dapat berinteraksi satu sama lain di dalam suatu sistem dan kemudian membentuk suatu kehidupan sendiri. Program ini membuat seakan manusia memiliki kehidupan lain di dunia maya selain dunia nyata. Hal ini juga dapat membuat intensitas interaksi sosial di dunia nyata semakin berkurang. Kehidupan seperti ini dapat dinamakan sebagai kehidupan buatan atau Artificial Life.
Penjelasan di atas, dapat menggambarkan bahwa kehidupan manusia memang tidak terlepas dari dunia teknologi seperti robot. Robot yang dirancang sedemikian rupa dan secanggih mungkin merupakan cipta karya dari manusia sendiri. Berbagai perdebatan mengenai AI dan A-life yang mengambarkan peran teknologi robot sebagai acuan kehidupan manusia seharusnya tidak menjadi ketakutan di kalangan manusia. Tetapi tidak juga mengabaikan dampak dan hasilnya di kemudian hari, perlu adanya pengontrolan secara mendalam akan maksud dan tujuan dari teknologi robot yang akan dibuat, agar nantinya tidak ada lagi wacana pengalihan peran robot yang awalnya hanya sebagai pendamping kehidupan manusia kemudian menjadi ‘teman hidup’ atau bahkan ‘lawan hidup’ dari manusia sendiri.
Kecanggihan teknologi robot ciptaan manusia merupakan wujud dari kepintaran dan kecerdasan manusia itu sendiri. Manusia sebagai pemegang kendali dan juga pemberi aturan bagi teknologi robot sehingga apapun canggihnya robot tersebut, manusialah yang membuatnya. Teknologi robot hanya sebagian kecil dari kemampuan manusia, yang kemudian pengaplikasiaannya difokuskan menjadi suatu alat yang dapat membantu manusia di kehidupannya. Itulah robot sebenarnya.
“Teknologi dibuat dengan maksud dan tujuan tertentu sebagai hasil dari penelitian manusia, dan pada akhirnya teknologi tersebut mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Kegiatan/hal yang seharusnya bisa dilakukan manusia dan kemudian dengan adanya teknologi, manusia pun menyerahkan semuanya kepada teknologi tersebut. Ini membuat manusia terkesan malas, suka mengatur, dan tidak peduli”.
Manusia akan menjadi malas karena adanya robot yang membantu mengerjakan semua pekerjaannya. Dan banyak orang akan kehilangan pekerjaanya karena adanya robot ini. Padahal manusia yang menciptakan robot, tetapi mengapa manusia yang kalah dengan robot. Bukannya robot yang kita kendalikan, tetapi malah manusia yang dikendalikan oleh robot. Sungguh aneh.
ROBOT YANG AKAN ADA DI SETIAP RUMAH

Robot masa depan akan hadir di setiap rumah, karena tuntutan zaman dan kebutuhan manusia yang tidak pernah puas akan perkembangan informasi teknologi. Teknologi robot di masa depan tidak pernah terbersit akan seperti apa jadinya esok, yang pasti semua itu akan melibihi dari perkiraan kita sekarang. Apakah robot akan bisa menggantikan  manusia? Tidak, robot adalah mesin, dan mesin tetap akan membutuhkan tenaga manusia. Hanya saja tenaga robot akan tetap dibutuhkan manusia masa depan yang super sibuk. hehehe,, Seperti membersihkan rumah, menyapu, membuat kopi, dan masih banyak lagi.
http://i946.photobucket.com/albums/ad301/semamore/robot-money-box.jpg
“Orang-orang menggunakan kata ‘robotika’, dan itu berarti banyak hal yang berbeda,” Rich Hooper, seorang konsultan robotika yang mengembangkan dan mendesain robot yang mengendalikan untuk Austin, Texas berbasis Symtx, mengatakan “Robotika sudah demikian jelas dalam kehidupan manusia.”
Steve Rainwater, seorang konsultan dari perusahaan teknologi robot dan editor Robots juga mengiyakan. “‘Robot mungkin dulu adalah sebuah kata yang hampir tidak mungkin untuk di definisikan, tetapi berbeda dengan hari ini robot masa depan secara tidak langsung telah masuk di kehidupan manusia. Sebagai mesin robot otonom yang berkembang awalnya dengan bantuan manusia. Dimulai dari penemuan penemuan penting para ilmuwan, kehidupan baru telah terwujud.
Pertumbuhan Industri
Apakah mereka disebut robot atau hanya sebuah mesin pintar, Robot masa depan dengan cepat menjadi ciri kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Federasi Internasional Robotika, ada 3.400.000 robot layanan pribadi dalam negeri yang digunakan pada akhir tahun 2007, dan diperkirakan 4.600.000 robot lain layanan domestik akan dijual antara 2008 dan 2012.
“Kemungkinan pertama yang terjadi adalah bahwa kita akhirnya akan memiliki robot humanoid yang melakukan banyak tugas dan berinteraksi dengan kita lebih jauh seperti layaknya kita berinterkasi dengan sesama manusia. “Ini adalah masa depan, sehingga sering digambarkan dalam cerita fiksi ilmiah tentang robot rumah tangga yang mencuci mencuci piring, mengasuh anak-anak, memotong rumput, atau bermain catur dengan Anda.”
“Kemungkinan lain adalah rumah-rumah masa mendatang akan memiliki fungsi-spesifik robotika yang terintegrasi ke dalam rumah itu sendiri”. “Rumah itu sendiri akan menjadi sebuah jaringan mesin pintar yang berinteraksi dengan manusia.”
Masa Depan itu adalah Sekarang
http://i946.photobucket.com/albums/ad301/semamore/robot-wars.jpgiRobot adalah salah satu perusahaan yang membuat robot masa depan menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Ada yang Robot Roomba, yang merupakan vacum cleaner otomatis, dan Scooba, yang akan membersihkan lantai anda secara. Lalu ada Verro si pembersih bak mandi dan kolam.
iRobot Didirikan pada tahun 1990 oleh roboticists Colin Angle dan Helen Greiner dan berkantor pusat di Bedford, Mass, iRobot memiliki lebih dari 400 karyawan, dan beragam pilihan robot rumah tangga.
“Robot masa depan ini menarik karena, tidak seperti seperti mesin lain, manusia telah diciptakan, dan suatu hari nanti robot memiliki kapasitas untuk menjadi teman dan sahabat,” kata Steve Rainwater. Beberapa orang berpikir robot mungkin menjadi pengganti evolusi kita.. Itu sesuatu untuk dipikirkan sebelum Anda menendang robot anjing yang mengganggu Anda”. Yang nantinya manusia akan sangat terbantu dengan kehadiran teknologi robot.
robot lain yang tersedia untuk konsumen sekarang adalah item seperti Clocky, jam alarm yang berputar menjauh jika dikejar, diproduksi oleh Nanda. Atau robot security yang melakukan monitoring di sekitar lokasi dari sebuah rumah atau perkantoran yang dijual oleh perusahaan seperti MobileRobot
Honda juga telah bekerja pada sebuah proyek robot humanoid yang disebut “Asimo. ” Asimo dapat membawa ember, gerobak dorong, naik tangga, dan melakukan sejumlah tugas lainnya. Di masa depan, mungkin akan digunakan untuk merawat orang tua, menyediakan layanan pada fungsi sosial, dan melakukan pekerjaan rumah sederhana.
“Di rumah, Asimo dapat berguna karena dapat beroperasi tanpa kabel “. Asimo juga dapat diintegrasikan dengan alat rumah tangga elektronik lainnya sehingga dapat mengendalikan perangkat sebagaimana yang diminta oleh pengguna. Teknologi robot masa depan di Jepang Tentu saja, masih akan ada beberapa tahapan sebelum Asimo siap membantu anda untuk kebutuhan yang lain.
Ada banyak kegunaan robot dalam berbagai segi kehidupan mulai dari rumah tangga sampai industri. Namun secara umum kegunaan robot yaitu untuk menggantikan kinerja manusia yang membutuhkan ketelitian yang tinggi dan mengurangi bahkan menghilangkan risiko kecelakaan yang cukup tinggi jika manusia melakukan pekerjaan tersebut.
Sebagai contoh pada pabrik pembuatan mobil, mobil-mobil yang dibuat tidak akan memiliki kepresisian yang tinggi jika proses pengerjaannya dilakukan oleh manusia, karena manusia memiliki rasa lelah jika bekerja secara terus menerus dan pada saat lelah ketelitian pekerjaan yang dilakukan dapat berkurang lain halnya jika pekerjaan tersebut dilakukan oleh robot, mobil-mobil yang dibuat akan memiliki kepresisian cukup baik selain waktu yang diperlukan untuk proses pembuatan akan relatif lebih cepat jika pekerjaan tersebut dilakukan oleh tangan manusia.
Contoh lain tim gegana yang bekerja menjinakan bom jika tidak berhati-hati maka bom bisa meledak dan melukai bahkan membunuhnya tetapi jika pekerjaan digantikan oleh robot, pekerjaan itu tidak terlalu berbahaya bagi manusia
Tujuan Robot Dibuat :
Untuk meningkatkan produksi melalui otomasi di industri.
Menciptakan tenaga kerja yang berkinerja tinggi dan dapat bekerja 24 jam
Untuk menjalankan pekerjaan yang memerlukan ketelitian tinggi.
Menggantikan manusia dalam pekerjaan yang bersifat selalu berulang-ulang
Sebagai alat bantu manusia dalam melakukan eksperimen ilmiah di luar angkasa
d3
Untuk dapat bekerja pada tempat yang berbahaya bagi manusia (daerah radio aktif, daerah dengan tekanan udara maupun air yang tinggi, dekat dengan bahan kimia berbahaya, dll)
Sebagai media entertainment (hiburan) bagi manusia
Pengertian Robot dan macam-macam robot
Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.
Perkembangan sekarang
Ketika para pencipta robot pertama kali mencoba meniru manusia dan hewan, mereka menemukan bahwa hal tersebut sangatlah sulit; membutuhkan tenaga penghitungan yang jauh lebih banyak dari yang tersedia pada masa itu. Jadi, penekanan perkembangan diubah ke bidang riset lainnya. Robot sederhana beroda digunakan untuk melakukan eksperimen dalam tingkah laku, navigasi, dan perencanaan jalur. Teknik navigasi tersebut telah berkembang menjadi sistem kontrol robot otonom yang tersedia secara komersial; contoh paling mutakhir dari sistem kontrol navigasi otonom yang tersedia sekarang ini termasuk sistem navigasi berdasarkan-laser dan VSLAM (Visual Simultaneous Localization and Mapping) dari ActivMedia Robotics dan Evolution Robotics.
Ketika para teknisi siap untuk mencoba robot berjalan kembali, mereka mulai dengan heksapoda , platform berkaki banyak ada juga robot berjalan naik turun tangga . Robot-robot tersebut meniru serangga dan arthropoda dalam bentuk dan fungsi. Tren menuju jenis badan tersebut menawarkan fleksibilitas yang besar dan terbukti dapat beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan, tetapi biaya dari penambahan kerumitan mekanikal telah mencegah pengadopsian oleh para konsumer. Dengan lebih dari empat kaki, robot-robot ini stabil secara statis yang membuat mereka bekerja lebih mudah. Tujuan dari riset robot berkaki dua adalah mencapai gerakan berjalan menggunakan gerakan pasif-dinamik yang meniru gerakan manusia. Namun hal ini masih dalam beberapa tahun mendatang.
Masalah teknis lain yang menghalangi penerapan robot secara meluas adalah kompleksitas penanganan obyek fisik dalam lingkungan alam yang tetap kacau. Sensor taktil dan algoritma penglihatan yang lebih baik mungkin dapat menyelesaikan masalah ini. Robot Online UJI dari University Jaume I di Spanyol adalah contoh yang bagus dari perkembangan yang berlaku dalam bidang ini.
Belakangan ini, perkembangan hebat telah dibuat dalam robot medis, dengan dua perusahaan khusus, Computer Motion dan Intuitive Surgical, yang menerima pengesahan pengaturan di Amerika Utara, Eropa dan Asia atas robot-robotnya untuk digunakan dalam prosedur pembedahan minimal. Otomasi laboratorium juga merupakan area yang berkembang. Di sini, robot benchtopdigunakan untuk memindahkan sampel biologis atau kimiawi antar perangkat seperti inkubator, berupa pemegang dan pembaca cairan. Tempat lain dimana robot disukai untuk menggantikan pekerjaan manusia adalah dalam eksplorasi laut dalam dan eksplorasi antariksa. Untuk tugas-tugas ini, bentuk tubuh artropoda umumnya disukai. Mark W. Tilden dahulunya spesialis Laboratorium Nasional Los Alamos membuat robot murah dengan kaki bengkok tetapi tidak menyambung, sementara orang lain mencoba membuat kaki kepiting yang dapat bergerak dan tersambung penuh.
Robot bersayap eksperimental dan contoh lain mengeksploitasi biomimikri juga dalam tahap pengembangan dini. Yang disebut "nanomotor" dan "kawat cerdas" diperkirakan dapat menyederhanakan daya gerak secara drastis, sementara stabilisasi dalam penerbangan nampaknya cenderung diperbaiki melalui giroskop yang sangat kecil. Dukungan penting pekerjaan ini adalah untuk riset militer teknologi pemata-mataan tetapi hal ini tdak sesuai dengan 3 prinsip robot yaitu:1.robot tidak boleh mencelakakan manusia,2.robotharus menaati printah manusia asalkan tidak bertentangan dgn prinsip 1,3.jika diserang manusia ia harus melindungi diri sendiri jika hal itu bertentangan dgn prinsip
Konstruksi robot
Robot memiliki berbagai macam konstruksi. Di antaranya adalah:
Robot dan jenisnya

·         Istilah robot berasal dari bahasa Cekoslowakia.Kata robot berasal dari kosakata “Robota” yang berarti “kerja cepat”. Istilah ini muncul pada tahun 1920 oleh seorang pengarang sandiwara bernama Karel Capec. Karyanya pada saat itu berjudul “Rossum’s Universal Robot” yang artinya Robot Dunia milik Rossum. Rossum merancang dan membangun suatu bala tentara yang terdiri dari robot industri yang akhirnya menjadi terlalu cerdik dan akhirnya menguasai manusia.
·         Kata Robotics juga berasal dari novel fiksi sains “runaround” yang ditulis oleh Isaac Asimov pada tahun 1942. Sedangkan pengertian robot secara tepat adalah system atau alat yang dapat berperilaku atau meniru perilaku manusia dengan tujuan untuk menggantikan dan mempermudah kerja/aktifitas manusia.
·         Untuk dapat diklasifikasikan sebagai robot, mesin harus memiliki dua macam kemampuan yaitu:
·         1)    Bisa mendapatkan informasi dari sekelilingnya.
·         2)    Bisa melakukan sesuatu secara fisik seperti bergerak atau memanipulasi objek.
·         Untuk dapat dikatakan sebagai robot sebuah system tidak perlu untuk meniru semua tingkah laku manusia, namun suatu sistem tersebut dapat mengadopsi satu atau dua saja sistem yang ada pada diri manusia saja sudah dapat dikatakan sebagai robot. Sistem yang diadopsi berupa sistem penglihatan (mata), sistem pendengaran (telinga) ataupun sistem gerak.
·         Sebuah robot dapat saja dibuat untuk berbagai macam aktifitas, namun sebuah robot harus dibuat dengan tujuan untuk kebaikan manusia. Ada hukum robotika yang perlu dipegang sebelum seseorang terjun dalam robotika, antara lain:
·         1)    Robot tidak boleh menciderai manusia atau dalam keadaan tanpa aksi mengijinkan manusia mendekat untuk disakiti.
·         2)    Robot harus menuruti perintah yang diberikan oleh manusia kecuali jika perintah tersebut bertentangan dengan hukum yang pertama.
·         3)    Robot harus melindungi eksistensinya, selama tidak bertentangan dengan hukum pertama dan kedua.
·          
·         Kegunaan dari robot
·         Sesuai dengan definisi robot di atas, maka terdapat banyak kegunaan dari robot. Secara umum kegunaan robot adalah untuk menggantikan kerja manusia yang membutuhkan ketelitian yang tinggi atau mempunyai resiko yang sangat besar atau bahakn mengancam keselamatan manusia. Sebagai contoh, seseorang yang bekerja di bagian welding di sebuah industri assembling kendaraan, akan mempunyai resiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Maka untuk mengurangi rtesiko kerja tersebut perlu digunakan robot yang menggantikan kerja manusia di bidang tersebut, sehingga resiko kecelakaan kerja dapat dikurangi bahkan dihilangkan.
·         Ada juga sebagian robot yang sengaja diciptakan untuk menemani manusia di dalam aktifitasnya. Robot-robot ini dapat disebut robot bermain. Robot ini diciptakn untuk membantu manusia yang mengalami kesepian diri sehingga dapat mempunyai teman. Robot-robot yang termasuk jenis ini termasuk antar lain Battle Bots, Robot contesti, Robot Anjing.
·         Namun secara garis besar robot dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis antara lain:
·         1)    Robot industri
·         2)    Robot antariksa
·         3)    Robot transportasi
·         4)    Robot perang
·         5)    Robot kendali jarak jauh
·         6)    Robot kedokteran
·         7)    Robot riset
·         8)    Robot bermain, dll
·          
·         Robot Era Modern
·         Robot era modern kini lebih banyak dikembangkan untuk riset daripada penyerupaan manusia. Sehingga memiliki kecerdasan sendiri nahkan ada rencana untuk membuat robot yang bisa ditandingkan dengan kecerdasan menyerupai manusia.
·         Cyborg atau Cybernetic Organisme adalah sesuatu yang tidak asing di telinga anda bukan? Saat ini banyak para ahli dan pelajar atau mahasiswa yang mulai melakukan percobaan pembuatan cyborg. Saya berpikir bahwa cyborg dan robot itu sama, apakah benar robot dan cyborg itu sama?
·         A cyborg, juga dikenal sebagai organisme cybernetic, adalah makhluk dengan kedua bagian biologis dan buatan (misalnya elektronik, mekanik atau robot). Istilah ini diciptakan pada tahun 1960 ketika Manfred Clynes dan Nathan Kline digunakan dalam artikel tentang keuntungan diri sistem manusia-mesin-mengatur di luar angkasa. Cyborg DS Halacy's:. Evolusi Superman tahun 1965 menampilkan sebuah pengantar yang berbicara sebuah "perbatasan baru" yang "bukan hanya ruang, tetapi lebih mendalam hubungan antara 'ruang batin' 'ruang luar' untuk-sebuah jembatan antara pikiran dan materi." cyborg ini sering terlihat saat ini hanya sebagai organisme yang telah meningkatkan kemampuan karena teknologi, tetapi ini mungkin menyederhanakan kategori umpan balik.
·         Cyborg fiksi digambarkan sebagai bagian sintesis organik dan sintetik, dan sering mengajukan pertanyaan perbedaan antara manusia dan mesin sebagai salah satu peduli dengan moralitas, kehendak bebas, dan empati. cyborg fiksi dapat diwakili sebagai terlihat mekanik (misalnya Cybermen dalam Doctor Who waralaba atau The Borg dari Star Trek), atau karena hampir tidak bisa dibedakan dari manusia (misalnya Terminators dari film Terminator, yang "Manusia" Cylons dari kembali membayangkan dari seri Battlestar Galactica dll Tahun 1970-an televisi The Six Million Dollar Man menampilkan salah satu cyborg fiksi yang paling terkenal. Cyborg dalam fiksi sering memainkan sebuah penghinaan manusia selama lebih-ketergantungan pada teknologi, terutama ketika digunakan untuk perang, dan bila digunakan dengan cara yang tampaknya bebas mengancam akan Cyborg. juga sering digambarkan dengan kemampuan fisik atau mental yang jauh melebihi rekan manusia (bentuk militer yang mungkin memiliki senjata built-in, antara lain).
·         Real (sebagai lawan fiksi) cyborg lebih sering orang yang menggunakan teknologi cybernetic untuk memperbaiki atau mengatasi kendala fisik dan mental dari tubuh mereka.
Sumber Referensi:
Turkle, Sherry.(1995). Life on The Screen: Identity in The Age of The Internet. New York: Touchstone. Bab 3-6. //ruangfatamorgana.wordpress.com/2010/10/02/kehidupan-manusia-dan-teknologi-robot/. Id blog network, anriz.com, Wikipedia, Total.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar