11 Okt 2011

Organisasi

TEORI ORGANISASI

            Manusia adalah mahluk social yang cinderung untuk hidup bermasyarakat serta mengatur dan mengorganisasi kegiatannya dalam mencapai sautu tujuan tetapi karena keterbatasan kemampuan menyebabkan mereka tidak mampu mewujudkan tujuan tanpa adanya kerjasama. Hal tersebut yang mendasari manusia untuk hidup dalam berorganisasi.
            Organisasi adalah sekumpulan orang yang tergabung dalam sebuah kelompok dan mempunyai tujuan yang ingin dicapai.

            Definisi UMUM:
“Kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan”

            CIRI-CIRI ORGANISASI:
§        Lembaga social yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
§        Dikembangkan untuk mencapai tujuan
§        Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
§        Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.

Dalam berorganisasi setiap individu dapat berinteraksi dengan semua struktur yang terkait baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung kepada organisasi yang mereka pilih. Agar dapat berinteraksi secara efektif setiap individu bisa berpartisipasi pada organisasi yang bersangkutan.Dengan berpartisipasi setiap individu dapat lebih mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan.
Pada dasarnya partisipasi didefinisikan sebagai keterlibatan mental atau pikiran dan emosi atau perasaan seseorang di dalam situasi kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan.
Keterlibatan aktif dalam berpartisipasi, bukan hanya berarti keterlibatan jasmaniah semata. Partisipasi dapat diartikan sebagai keterlibatan mental, pikiran, dan emosi atau perasaan seseorang dalam situasi kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan serta turut bertanggung jawab terhadap usaha yang bersangkutan.
Organisasi yang pernah diikuti oleh saya adalah mengikuti remaja masjid di rumah,mengikuti futsal semasa SMA. Saya mengikuti kegiatan ini juga karena ketertarikan akan tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi ini. Seperti futsal yang ingin memenangkan kejuaraan antar SMA, remaja masjid yang menginginkan keberhasilan dalam menjalankan acara – acara keagamaan, seperti: isra mi’raj,buka bersama di bulan ramadhan.
Pengaruh dari Organisasi tersebut adalah mendapatkan pengalaman yang menarik dan mendapatkan banyak teman.
sumber: wikipedia,gunadarma staff.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar